Kamis, 31 Juli 2014

Komputer Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Komputer Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Komputer Untuk Pendidikan Anak Usia Dini - Kehidupan manusia sekarang dan masa yang akan datang, tidak bisa lepas dari teknologi. Hal itu disebabkan seiring bertambahnya zaman, kemajuan teknologi semakin pesat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat orang tua mau tidak mau harus mengenalkan berbagai teknologi khususnya ilmu komputer kepada anak agar mereka mengerti dan bisa memanfaatkan komputer sehingga siap menjadi sumber daya yang kompetitif di masa depan dan juga hal ini disesuaikan dengan perubahan terhadap kurikulum yang terjadi setiap 10(sepuluh) tahun yang harus berpijak kepada teknologi yang selalu mengalami perkembangan kearah kemajuan yang salah satunya komputer.Akan tetapi kebanyakan orang tua saat ini merasa serba salah jika anak mereka bersahabat dengan komputer. Di satu sisi mereka ingin anak mereka tidak gagap teknologi dan bisa belajar banyak melalui komputer, tetapi di sisi lain mereka khawatir  dengan dampak negatif yang sering ditimbulkan dari penggunaan komputer yang tidak tepat.
 Oleh karena itu kami ingin berbagi ilmu dengan pembaca agar mampu meminimalisir hambatan yang akan terjadi jika mereka melakukan kegiatan mengenalkan computer kepada para anak ataupun peserta didik. Dan juga tulisan ini juga bisa dijadikan pedoman untuk kita semua dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pengenalan computer kepada anak disekitar kita, Dengan harapan, agar masyarakat, pendidik dan personil lainya siap untuk menghadapi era modern ini, serta dapat membimbing anak kita untuk maju dan “melek” terhadap teknologi khususnya komputer. Sehingga kedepannya juga dapat memajukan Negara Indonesia sendiri.


pembahasan
Komputer kini telah menjadi salah satu media pembelajaran alternatif komputer untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari kian marak dan berkembangnya  software-software dengan program tertentu dalam bentuk CD interaktif untuk membantu pembelajaran anak usia dini. CD interaktif yang ditawarkan pun sangat beragam jenisnya mulai dari pembelajaran umum hingga pembelajaran yang sifatnya islami. Mulai dari pengenalan huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri dan lain-lain. Contoh dari CD islami yaitu pengenalan huruf hijaiyah, sholat, wudhu dan lain-lain. Metode yang ditampilkan oleh CD interaktif pun bermacam-macam, ada yang menggunakan metode bernyanyi, bercerita, permainan atau bahkan kombinasi dari beberapa metode dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga terdapat keterlibatan terhadap diri anak.Pembelajaran melalui CD interaktif yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi beberapa aspek perkembanganya. Misalnya aspek kognitif yaitu dengan bertambahnya pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu. Aspek bahasa, yaitu dapat dilihat dari bertambahnya kosa kata anak. Hal lain yang dapat dikembangkan dari pembelajaran melalui komputer  bagi anak adalah stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga menstimulasi bagi perkembangan motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi terutama dalam penggunaan komputer. Mengatasi keterbataasan ruang, waktu dan daya indera.dapat mendorong anak untuk belajar selain metode verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). Anak dapat mempunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang perguruan tinggi. Pengetahuanyangdibedah dari setumpuk buku, masih yang terlewat yang dapat ditemukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia maya dalam bentuk kode-kode digital.Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusidengan teman sebangku akansemakin terlengkapi dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau interaktif. Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukkan pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya, memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas manusia lewat desain multimedia.Diantara manfaat yang dapat diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.Dalam kaitan ini, komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi.

Dampak positif Komputer Sebagai Media Pembelajaran Anak
Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja.Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan.Karena sering menggunakan komputer, anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.

Dampak Negatif Komputer sebagai Media Pembelajaran Anak
Selain manfaat, bukan tidak mungkin komputer sebagai media pembelajaran anak memiliki dampak yang negatif. Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah, kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan yang menonjolkan unsur-unsur kekerasan tanpa sepengetahuan orang tua.Disamping itu, anak akan kehilangan waktu bermain dengan teman seusianya yang akan menjadikan kurangnya keseimbangan kehidupan sosial anak tersebut. Anak juga menjadi malas belajar karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer, sehingga mengakibatkan prestasi akademiknya menurun. Akses internet juga akan berdampak negatif walaupun sesungguhnya, mampu mengakses internet adalah awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Anak akan terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Karena melalui internet, berbagai materi yang bermuatan seks, kekerasan, dan lain sebagainya, dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.Selain dampak-dampak yang telah disebutkan diatas, dampak lain yang datang dari bidang kesehatan juga banyak dialami oleh para pengguna komputer. Contohnya : repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher, dan lain sebagainya. Tentunya kita tidak mau jikalau anak kita yang masih dalam masa perkembangan  sudah mengalami gangguan kesehatan yang telah disebut diatas. Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak seperti menambah pengetahuan baru untuk anak dan jemari atau bagian motorik anak juga akan brkrmbang secara lansug karena ada rangsangan saat memegang keyboard atau mengklik. Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.

Kursus Komputer Terbaik
demi mencegah dampak negatifnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan orangtua dan pendidik dalam mengenalkan computer kepada anak :
a)   Orangtua serta pendidik yang seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan internet berarti juga mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet namun menggunakan bahsa yang dipahami oleh anak. Karena itu, orangtua terlebih dahulu harus ‘melek’ media dan tidak gatek.
b)  gunakan software yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala akses yang berbau seks dan kekerasan.
c)   letakkan komputer di ruang publik rumah, seperti perpustakaan, ruang keluarga, dan bukan di dalam kamar anak. Meletakkan komputer di dalam kamar anak,akan mempersulit orangtua dalam hal pengawasan. Anak bisa leluasa mengakses situs porno atau menggunakan games yang berbau kekerasaan dan sadistis di dalam kamar terkunci. Bila komputer berada di ruang keluarga, keleluasaannya untuk melanggar aturan pun akan terbatas karena ada anggota keluarga yang lalu lalang.Pengaruh negatif lainnya, adalah kecendrungan munculnya ‘kecanduan’ anak pada komputer. Kecanduan dalam bermain komputer dapat memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial.Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur. Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.

Peran penting dari orangtua
Mengingat banyak hal yang harus diperhatikan sehingga disini dituntut kejelian orang tua dan guru dalam mengenalkan computer kepada anak. dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, dan peran mereka sangat penting dalam pemanfaatan komputer bagi anak, dan ada beberapa hal berikut yang dapat dilakukan orang tua dan pendidik dalam mengenalkan computer kepada anak,diantaranya  :
1)  berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer terbaik adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang.
2)  pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yangdipilih merupakan program edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan yahap perkembangan anak.
3)   perhatikan keamanan anak saat bermain komputer dari bahaya listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum terkena bagian tertentu dari badan Central Processing Unit (CPU) computer dan aliran listrik lainnya.
4)   carikan anak meja atau kursi yang ergonomis (sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh anak), yang nyaman bagi anak sehingga anak dapat memakainya dengan mudah. Jangan sampai mousenya terlalu tinggi, atau kepala harus mendongak yang dapat menyebabkan kelelahan. Alat kerja yang tidak ergonomis juga tidak baik bagi anatomi anak untuk jangka panjang.
5)  bermain komputer bukan satu-satunya kegiatan bagi anak. Jangan sampai anak kehilangan kegiatan yang bersifat sosial bersama teman-teman karena terlalu asik bermain komputer.
6)  Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka dengan ikut kursus komputer. Pengenalan bagi anak balita, dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf-huruf pada keyboard. Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan membiarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan anda.
7) Temani anak saat mereka menggunakan komputer. Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya anda menggunakan password agar anak tidak bisa menggunakan komputer tanpa pengawasan anda.
8)  Buatlah kurikulum sendiri di rumah. Contohnya, jangan perlihatkan semua program aplikasi yang akan anda berikan kepada anak. Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Jika memungkinkan, buatlah tes kecil untuk mereka. Jika lulus, barulah mereka mendapatkan program yang baru dari anda.
9)   Pendidik dan orang tua hendaknya terus mengembangkan pula kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer. Terkadang yang terjadi malah sebaliknya, anak sudah lebih canggih dari orang tua mereka. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengawasan dan bimbingan menjadi terbatas pada kemampuan pendidik atau orang tua saja. Jadilah sumber pertama bagi anak anda mengenai perkembangan-perkembangan tersebut.
1) Buatlah kesepakatan bersama anak mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukannya dengan komputer. Jangan membuat peraturan anda sendiri, libatkan anak dalam membuat peraturan agar anak juga dapat merasakan tanggung jawab untuk untuk melaksanakan setiap peraturan yang sudah dibuat bersama.
1) Sebaiknya komputer tidak diletakkan di kamar pribadinya anak, karena hal tersebut akan mempersulit pengawasan orang tua kepada anak dalam menggunakan komputer.
1) Komputer murah juga mempunyai efek-efek tertentu bagi fisik seseorang. Perhatikan masalah tata ruang, cahaya, bahaya listrik, posisi duduk, tinggi meja dan kursi, dan lain-lain. Supaya anak benar-benar dalam keadaan yang betul-betul nyaman, aman dan sehat saat menggunakan komputer. Aturlah posisi duduk anak sebaik mungkin agar terhindar dari hal-hal yang berkaitan dengan kebungkukan atau penyakit tulang lainnya yang disebabkan oleh kesalahan saat duduk. Komputer Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

http://desrimawar.blogspot.com/2012/11/manfaat-teknologi-komputer-bagi.html

Read : Kursus Komputer Murah Terbaik Di Jakarta
http://masihakudisini.blogspot.com/2014/07/kursus-komputer-murah-terbaik-di-jakarta.html 

9 komentar:

  1. -------------------------------------------------------------------------------------


    http://www.kangfikri.com/ > Pakar Seo

    http://www.kangfikri.com/p/sma-negeri-1-kuala-pembuang.html > SMA Negeri 1 Kuala Pembuang


    http://www.kangfikri.com/2014/10/nurdinpress-sharing-all-tutorial.html > NurdinPress Sharing All Tutorial

    http://www.kangfikri.com/2014/10/jasa-iklan-menambah-like-fanpage.html > Jasa Iklan Facebook Ads

    http://www.kangfikri.com/2014/10/jasa-iklan-menambah-like-fanpage.html > Jasa Menambah Like Fanpage

    http://www.kangfikri.com/2014/09/anizan-alternatif-google-adsense.html > Anizan Alternatif Google Adsense

    http://www.kangfikri.com/2014/10/anizan-google-adsense-alternative.html > Anizan Google Adsense Alternative

    http://www.kangfikri.com/2014/07/kursus-komputer-murah-terbaik-di-jakarta.html > Kursus Komputer Murah Terbaik di Jakarta

    http://www.kangfikri.com/p/jasa-review.html > Jasa Review Terbaik

    http://www.kangfikri.com/2014/09/rekomendasi-untuk-cloud-dedicated.html > cloud dedicated server murah

    http://www.kangfikri.com/2014/09/rekomendasi-untuk-cloud-dedicated.html > cloud dedicated server Indonesia

    http://www.kangfikri.com/2014/09/rekomendasi-untuk-cloud-dedicated.html > cloud dedicated server terbaik

    http://www.kangfikri.com/2014/09/review-mobil-proton-indonesia-terbaik.html > Review Mobil Proton Indonesia Terbaik

    http://www.kangfikri.com/2014/09/hosting-terbaik-untuk-bisnis-online.html > Hosting Terbaik untuk Bisnis Online Profesional

    http://www.kangfikri.com/2014/09/businessadexchangecom-tempat-belajar.html > BusinessAdExchange.com – tempat belajar internet dan berbisnis

    http://seo-darkness.blogspot.com/2014/09/sanggarhostcom-web-hosting-gratis-murah.html > Sanggarhost.com Web Hosting Gratis, Murah, Terbaik dan Berkualitas di Indonesia

    -------------------------------------------------------------------------------------

    BalasHapus
  2. http://www.situs.my.id/
    http://www.situs.my.id/2014/12/kisi-kisi-ujian-nasional-tahun-ajaran.html
    http://www.situs.my.id/2014/12/ini-yang-membedakan-antara-kurikulum.html
    http://www.kangfikri.com/
    http://www.kangfikri.com/2014/12/indostreaming-streaming-tv-online.html
    http://www.kangfikri.com/2014/10/cara-dapat-dollar-dengan-mudah-dari.html
    http://www.kangfikri.com/2014/12/download-film-doraemon-stand-by-me.html
    http://www.kangfikri.com/2014/10/anizan-google-adsense-alternative.html
    http://seo-darkness.blogspot.com/2014/09/sanggarhostcom-web-hosting-gratis-murah.html

    BalasHapus
  3. http://www.situs.my.id/
    http://www.situs.my.id/2014/12/kisi-kisi-ujian-nasional-tahun-ajaran.html
    http://www.situs.my.id/2014/12/ini-yang-membedakan-antara-kurikulum.html
    http://www.kangfikri.com/
    http://www.kangfikri.com/2014/12/indostreaming-streaming-tv-online.html
    http://www.kangfikri.com/2014/10/cara-dapat-dollar-dengan-mudah-dari.html
    http://www.kangfikri.com/2014/12/download-film-doraemon-stand-by-me.html
    http://www.kangfikri.com/2014/10/anizan-google-adsense-alternative.html
    http://seo-darkness.blogspot.com/2014/09/sanggarhostcom-web-hosting-gratis-murah.html

    BalasHapus
  4. Mantab infonya
    Jual Jam dinding unik Special untuk lebih jelas silakan ke Website www.logikaonlineshop.com
    Terima kasih.

    BalasHapus

 

Blogger news

About